Pemilihan Hosting Terbaik Indonesia Kaskus

Jika kita ingin mencari informasi tentang Web Hosting Terbaik, cara yang paling tepat adalah dengan mengunjungi berbagai forum yang menyediakan Lounge / Thread tentang Hosting. Salah satunya adalah Kaskus, forum terbesar di Indonesia, dengan jutaan member aktif hingga saat ini.  Disana, anda bisa menemukan list Hosting Terbaik Indonesia Kaskus yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi untuk hosting website anda.


Lalu, Bagaimana Cara Memilah Hosting Tersebut?

Tentukan Berapa Banyak Daya Yang Anda Butuhkan

Layanan pelanggan dasar menyediakan akses ke email, tiket, dan dukungan telepon. Waktu pengaktifan permintaan, akan bervariasi. Beberapa penyedia layanan bahkan menawarkan dukungan CS 24-jam non stop. Faktor pembatas untuk layanan yang tidak dikelola adalah bahwa sementara vendor dapat menjawab pertanyaan tentang konfigurasi dasar, mereka tidak akan mengambil alih setting situs anda, sehingga mau tidak mau anda harus mengerti dasar-dasarnya terlebih dahulu. Bagi yang masih pemula di bidang website, pilihlah yang paling mudah untuk digunakan yakni “Shared Hosting”.

Perkirakan Jumlah Lalu Lintas Yang Anda Harapkan

Penyedia hosting umumnya mengenakan biaya berdasarkan penyimpanan dan penggunaan bandwidth. Bandwidth adalah ukuran berapa banyak byte yang dapat dilayani oleh situs anda selama periode tertentu. Jika Anda hanya mengharapkan beberapa orang untuk mengunjungi situs , maka bandwidth yang dibutuhkan akan rendah. Tetapi jika situs tiba-tiba ditampilkan di bagian atas Google atau produk yang ditawarkan menjadi viral, anda dapat meningkatkan bandwidth tersebut. Jadi, mulailah dengan bandwidth yang cukup, karena harganya masih terjangkau, dan jika Trafic sudah tumbuh cukup signifikan, silahkan upgrade hosting anda.

Memahami Jenis Server

Hosting termurah tersedia di server bersama “Shared Hosting”, di mana satu server dapat menjalankan ratusan situs web. Kinerja situs Anda bergantung pada pemuatan semua situs lain yang diletakkan pada host.

Shared hosting juga membatasi akses Anda ke kemampuan server, umumnya membatasi Anda untuk mengunggah file melalui FTP atau SFTP, mencegah akses shell, membatasi program apa yang dapat Anda jalankan di layanan dan membatasi jumlah akses basis data yang dapat dilakukan oleh situs Anda. Sedangkan 3 jenis hosting lainnya biasanya berfokus pada layanan.  Jadi, untuk yang masih Newbiee dalam bidang hosting, silahkan gunakan Shared, sedangkan yang sudah berkembang, bisa memilih VPS, Dedicated, dan lain-lain.